MAGANG DI PT TELKOM INDONESIA REGIONAL III JABAR

MAGANG

Berikut adalah pengalaman magang saya di TR 3 Witel Bandung, Cab Supratman. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat sebagai gambaran kedepan untuk teman-teman yang akan magang. 

PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk. 
 Graha Merah Putih Telkom Indonesia Bandung

PT Telekomunikasi Indonesiaa Tbk adalah peerusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan Telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. 
Ceo                   : Alex J Sinaga (19 Desember 2014-sekarang
Pemilik             : Pemerintah Indonesia (52,56%)
Slogan              :("THE WORLD IN YOUR HAND")
Kantor Pusat    : Jl. Japati No.1,Sadang Serang, Coblong, Bandung, Jawa Barat 40133.
Web Resmi      : http://www.telkom.co.id

Dalam kesempatan magang kali ini, saya di tempatkan pada divi PR (Public Relation)  PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Cab Supratman yang berada di Jl. W.R Supratman No.66A, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, kota Bandung, Jawa Barat 40112. Divisi yang saya pilih ini sesuai dengan jurusan kuliah yang saya ambil yaitu Ilmu Komunikasi yang tugasnya adalah bagaimana membentuk hubungan baik dengan pihak internal maupun eksternal perusahaan demi menjaga citra dan nama baik perusahaan. Berikut kegiatan-kegiatan yang saya lakukan selama saya magang :

MAGANG

Pada hari pertama saya sampai di kantor Telkom Supratman pukul 07.00. Saya dan teman teman magang sedivisi PR yang berjumlah 12 orang menunggu di ruang Indihome Telkom Regional 3 Witel Bandung Cab Supratman, Bapak Asep Tatang selaku pembimbing magang memberikan pengetahuan tentang profil perusahaan Telkom mulai dari Struktur Organisasi, Petinggi Telkom, Program Kerja Nasional, hingga Budaya Kerja. Selain itu saya juga di  diberi pengarahan tentang apa saja yang akan di kerjakan selama saya magang.
Sebelumnya pada saat pertemuan Pra Magang, saya diberi tugas untuk mengumpulkan CV dan membuat Objective magang yang berisikan hal-hal yang ingin pelajari saat saya magang. Tugas tersebut dikumpulkan saat hari pertama magang sebagai acuan rencana kerja apa saja yang ingin saya pelajari di Perusahaan Telkom selama magang. 

Bpk Asep Tatang


Pada hari kedua saya magang di kantor Telkom Supratman saya di beri pengarahan dan penjelasan bagaimana merancang kegiatan komunikasi yang baik untuk citra perusahaan yang merupakan Tugas seorang PR. Saya juga di arahkan untuk berkenalan dan menjalin relasi  dengan karyawan PR.

KLIPING


Pada ketiga saya bertemu dengan Teteh Mira di lantai 2 Telkom Supratman kemudian saya diberi tugas untuk mengkliping beberapa koran sebagai berikut :


  1. Tribun Jabar
  2. Pikiran Rakyat
  3. Koran Sindo
  4. Kabar Bandung
  5. Inilah Koran
  6. Persib Mania
kegiatan kliping ini dilakukan setiap hari selama saya magang untuk memonitoring berita dalam media tentang Telkom Indonesia Regional 3 Jabar. Hasil dari kliping ini akan direkap kemudian dianalisis untuk mengetahui pembentukan opini tentang TR3 yang telah dilakukan dalam kurun waktu tertentu menciptakan citra yang positif atau negatif. Tidak hanya itu selama saya magang saya juga di beri tugas untuk meliput acara acara yang ada di TR 3. 

LIPUTAN 

BUKA BERSAMA BERSAMA SALES PEOPLE 
Acara pertama yang saya liput adalah Acara Buka bersama bersama sales people PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Cab Ahmad Yani yang di laksanakan pada tanggal 8 Juni 2017. Dalam acara tersebut saya bertugas untuk mencatat dan mendokumentasikan keseluruhan rangkaian acara yang ada.
 
 


ACARA BAKTI SOSIAL TR3 BERSAMA FORSIKATEL WITEL BANDUNG
Dalam acara ini saya ditugaskan untuk mendokumentasikan dan meliput acara secara keseluruhan. Acara yang berlangsung di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Cab. Lembong ini oleh petinggi telkom TR3 dan ketua forsikatel TR3 Witel Bandung untuk itu saya juga mewawancarai beberapa narasumber untuk mendapatkan berita yang baik. Setelah acara selesai saya di tugaskan untuk membuat Press Realease hasil dari acara yang telah saya liput.

 
Press Release.
 

Foto Dokumentasi Bakti Sosial

KUNJUNGAN PETINGGI PT TELEKOMUNIKASI TBK. KE GRAHA POS INDONESIA.
Dalam acara ini saya bertugas untuk mencatat dan mencari informasi terkait tujuan kunjungan ini yaitu untuk menjalin hubungan baik antara kedua pihak perusahaan. Selain itu setelah liputan saya juga di tugaskan untuk membuat Press Release atas informasi yang sudah saya dapatkan.

 ACARA HALAL BI HALAL

Untuk acara halal bi halal saya hanya ditugaskan untuk membuat Press Release dan bahanya saya dapatkan dari pembimbing saya.


ACARA HALAL BIHALAL BERSAMA CEO TELKOM INDONESIA.

Acara ini berlangsung di Graha Merah Putih Telkom Indonesia yang berada di Jl. Japati. Acara di mulai pada pukul 07.00. Acara ini dihadiri oleh CEO PT Telekomunikasi Indonesia Tbk yaitu Alex Sinaga bersama Istrinya.


BERITA BERITA YANG BERHASIL MASUK KE HOTNEWS
Berikut hanya beberapa contoh berita karya team magang PR telkom periode 2 juni/21 juli 2017 yang masuk ke hotnews portal berita internal Telkom Indonesia.

MENYELENGGARAKAN ACARA

ACARA PEMBEKALAN MAGANG 2017

Saya dan teman teman se team magang divisi PR di beri tugas untuk menyelenggarakan acara pembekalan magang kepada seluruh peserta magang yang masih aktif pada periode juni-juli 2017. Dalam acara ini saya bertugas untuk membuat materi ppt pembekalan magang, mengumpulkan data peserta dan menginformasikan kepada seluruh peserta tentang acara tersebut. 


 






















No comments:

Post a Comment

MAGANG DI PT TELKOM INDONESIA REGIONAL III JABAR

MAGANG Berikut adalah pengalaman magang saya di TR 3 Witel Bandung, Cab Supratman. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat sebagai gambara...